Rabu, 19 Juni 2019

Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Image result for Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat]

Baik pria maupun wanita menjaga kesehatan rambut merupakan hal yang sangat penting, tak hanya bersih,  rambut pun harus kuat dan bebas dari rontok maupun berketombe.

Cara merawat rambut yang baik dan benar perlu diperhatikan agar rambut tetap sehat, lembut, dan indah berkilau. Bahkan bagi beberapa orang  rela menghabiskan biaya yang tidak sedikit untuk memberikan perawatan khusus kepada rambutnya. Sebab penataan rambut yang berbeda akan menunjang pada penampilan.

Sebenarnya kita tak wajib melakukan perawatan di salon, di rumah pun tetap bisa dengan hasil maksimal dan tentunya lebih murah. 

Berikut ini beberapa cara merawat rambut agar tetap terjaga kesehatan serta keindahannya :

1. Pilihlah Produk Khusus Rambut Yang Sesuai 

Pertama-tama Anda perlu mengenali jenis rambut yang dimiliki, apakah cenderung kering atau bahkan berminyak. Lalu apakah rambut Anda bermasalah seperti rontok, ketombe, dan patah. Setelah itu barulah memilih produk khusus yang sesuai dengan jenis serta masalah kulit kepala dan rambut Anda. 

Produk perawatan rambut yang wajib digunakan yaitu sampo agar rambut bersih, kondisioner agar rambut tetap lembut dan mudah diatur. Penting juga untuk memberikan vitamin rambut agar tetap sehat dan kuat, berikan hanya pada batang rambut bukan kulit kepala. 

2. Keramaslah Dengan Air Dingin 

Faktanya keramas dengan air dingin dapat membantu mengurangi rambut rontok,  membuat peredaran darah di sekitar kepala menjadi lancar. Air dingin juga mampu menjaga kekuatan akar sehingga rambut menjadi berkilau dan lembut. 

3. Jangan Menggosok Rambut Dengan Handuk 

Menggosok rambut yang masih basah dengan handuk dapat membuat kerusakan pada rambut, sebab dalam kondisi tersebut rambut menjadi patah, rapuh, dan rontok. Lebih baik Anda membungkus rambut dengan handuk daripada menggosoknya. 

4. Sisirlah Rambut Dengan Benar

Kebiasaan ketika menyisir dengan benar juga berperan penting dalam kesehatan rambut. Cara yang benar pada saat menyisir yaitu sisirlah bagian ujung rambut terlebih dulu, karena bila Anda menyisir dari atas justru bisa membuat rambut patah dan rontok akibat kusutnya rambut. 

Juga perlu diperhatikan untuk tidak menyisir saat rambut masih basah, seperti yang dijelaskan di atas. Rambut basah rambut dalam keadaan rapuh dan rentan rontok. Sebaiknya Anda mengeringkan dahulu rambut setelah keramas sebelum menyisirnya. 

Nah itulah beberapa tips cara merawat rambut yang wajib Anda terapkan dalam keseharian. Agar rambut tetap terjaga kesehatannya, serta kuat, dan indah terawat.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar