Senin, 17 Juni 2019

4 Penyakit yang Kerap Mengganggu Kesehatan Wanita

Hasil gambar untuk 4 Penyakit yang Kerap Mengganggu Kesehatan Wanita

Ada perbedaan yang mendasar dari anatomi tubuh wanita dan pria. Karena itu, keluhan kesehatan wanita dan pria ada yang membedakannya. Walaupun ada jenis penyakit dan gejala yang ditimbulkan oleh suatu penyakit nampak serupa, namun bisa saja dilakukan penanganan berbeda dalam mengatasi gangguan pada kesehatan wanita dan pria. Ini karena efek samping yang dapat ditimbulkan juga bisa saja ada perbedaan.

Ada beberapa penyakit yang kerap mengganggu kesehatan wanita, yaitu:

Kanker payudara

Kanker merupakan momok yang paling menakutkan bagi banyak manusia dan menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia. Salah satu kanker yang sering menyerang manusia adalah kanker payudara. Penyakit ini menyerang lapisan saluran payudara dan menyebar cepat ke daerah sekitarnya. Tanda awal yang harus dicermati oleh setiap wanita adalah dengan munculnya benjolan di sekitar payudara. Jika memang Anda mendapatinya, ada baiknya segera memeriksakan diri, agar dapat diketahui dengan tepat penyebab benjolan tersebut dan penanganan secara dini.

Kanker serviks

Kanker ini menjadi isu kesehatan wanita yang paling banyak diperbincangkan. Kanker ini memiliki kemampuan yang menyebar dengan cepat dan mempengaruhi jaringan yang berada di sekitar alat vital wanita dan menyebabkan tumor ganas pada bagian leher rahim. Ada baiknya, setiap wanita melakukan pemeriksaan secara dini untuk mengetahui adanya kemungkinan sel-sel kanker pada ovarium.

Stres

Stres menjadi penyakit yang kerap terjadi pada wanita. Bahkan, jika tidak ditangani dengan tepat, hal ini dapat berkembang menjadi depresi. Menurut National Center for Healt Statistic, ternyata wanita memang memiliki resiko dua kali lebih besar dibandingkan dengan pria. Hal ini dikarenakan kondisi biologis wanita itu sendiri. Adanya faktor perubahan hormon setiap bulannnya, pasca melahirkan, pra dan sebelum menopause, menyumbang tingkat stres yang tinggi terhadap wanita serta mengakibatkan depresi.

Penyakit autoimun

Penyakit ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang seharusnya memerangi infeksi, malah menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti lupus, multiple sclerosis, psoriasis, penyakit auto imun lainnya. Dan menurut penelitian, kurang lebih 75 persen menyerang wanita.

Jangan pernah menyepelekan penyakit yang ada. Jika dirasa ada tanda-tanda yang menyebabkan gangguan kesehatan wanita, segera periksa dan konsultasikan pada dokter Anda. Jangan sampai penyakit tersebut berkembang lebih lanjut dan sudah terlambat untuk ditangani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar