Rabu, 23 November 2016

Dampak Positif Dan Dampak Negatif Perkembangan Teknologi

Dampak Positif Dan Dampak Negatif Perkembangan Teknologi
Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan semakin modern tidak bisa dibendung lagi. Hampir semua sektor dalam kehidupan kita. dimulai dari bidang kesehatan, transportasi, pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi dan berbagai macam bidang dan disiplin ilmu yang kita geluti setiap harinya. 

Dengan teknologi yang semakin modern dan canggih segala macam yang tadinya dirasa tidak mungkin untuk di wujudkan dalam dunia nyata kini bisa diaplikasikan atau diwujudkan dalam dunia nyata, dalam teknologi kesehatan saat ini hampir bisa dikatakan tidak ada penyakit yang tidak memiliki obat atau solusi, bahkan saat ini para ahli kesehatan sudah mampu mentransplantasi jantung makhluk hidup, melakukan cloning maupun merekonstruksi penampilan fisik seseorang. 

Semua itu tentunya tidak pernah kita bayangkan bisa dilakukan oleh umat manusia. dalam bidang sains saat ini manusia tidak hanya mampu mengeksplorasi kehidupan bumi dan seisinya tetapi sudah mampu menjelajah hingga keluar angkasa. Selain dua bidang tersebut ada salah satu bidang yang mengalami perkembangan yang sangat pesat dan mampu mempengaruhi kehidupan sosial, budaya sebuah masyarakat yakni bidang komunikasi dan informasi. Kemajuan teknologi yang semakin pesat melahirkan berbagai macam gadget yang memiliki berbagai macam fungsi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. salah satunya adalah ponsel pintar atau smartphone.

Saat ini sebuah ponsel pintar mampu melakukan berbagai macam fungsi berbagai macam gadget sekaligus dalam sebuah perangkat diantaranya adalah mampu mengambil sebuah gambar, mampu merekam sebuah video, mampu memutar musik dan video serta mampu terkoneksi dengan internet. Dengan berbagai macam fungsi tersebut tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat kita pada khususnya. 

Saat ini semua orang bisa dengan mudah mendapatkan akses informasi dan berbagai macam konten yang ada di internet melalui perangkat ponsel pintar. Akan tetapi jika hal tersebut tidak digunakan secara bijak akan menimbulkan efek negative yang bisa mempengaruhi kehidupan masyarakat kita. perkembangan teknologi yang tidak diiringi dengan kesadaran dan didampingi dengan nilai moral serta agama akan mengarah kepada hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar