Senin, 06 Mei 2019

Cara Tepat Tingkatkan Sistem Imunitas Anak


Anak anak memang lebih mudah terserang penyakit dibandingkan dengan orang dewasa. Mereka juga lebih mudah tertular penyakit seperti batuk dan pilek. Oleh sebab itu, anda sebagai orang tua harus mengetahui langkah yang tepat untuk menguatkan sistem imunitas anak.

Penyebab Anak Gampang Sakit

Daya tahan tubuh anak anak yang masih lemah menjadi penyebab anak gampang sakit. Anak anak masih belum bisa mengurus dirinya sendiri dan tidak bisa membedakan mana yang bersih dan kotor. Bakteri dan virus kemudian masuk ke tubuh mereka, padahal sistem imun pada manusia belum terbentuk sempurna saat usia dini. 

Sebenarnya, anak anak yang mengalami sakit adalah hal yang normal. Dengan adanya penyakit imunitas yang menyerang tubuh mereka, pelan pelan sistem imun anak akan kebal terhadap berbagai serangan virus dan bakteri. Orang tua harus membantu anak anak untuk memperkuat sistem pertahanan tubuh mereka.

Image result for imunias Anak Wyeth

Cara Meningkatkan Imunitas Anak

Hal yang harus diperhatikan oleh orang tua ialah nutrisi pada anak, pastikan anak anak terpenuhi kebutuhan gizinya. Pilihlah jenis makanan sehat untuk memperkuat sistem pertahanan tubuh mereka. Jika anak anda masih bayi, jadikan ASI sebagai makanan utama bayi anda. Ketika usianya bertambah, anda bisa memberikan susu formula sebagai kombinasi. 

Anak anak yang sudah bisa makan harus anda beri makanan 4 sehat 5 sempurna. Ajak mereka untuk menyukai sayuran, buah buahan dan susu yang dapat melindungi mereka dari penyakit. Sajikan makanan sehat seperti wortel, brokoli, dan kacang kacangan pada menu makan anak. 

Selanjutnya orang tua harus memperhatikan jadwal tidur anak. Pasti anak anak sangat susah  jika disuruh untuk tidur, namun anak anak harus tidur lebih lama dibandingkan dengan orang tuanya. Bayi membutuhkan 18 jam untuk tidur, sementara balita membutuhkan 12 hingga 13 jam dalam sehari untuk beristirahat. 

Itulah beberapa langkah yang Moms bisa lakukan untuk memperkuat imunitas anak. Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, anak anak bisa lebih ceria dan aktif. Pertumbuhan mereka pun akan lebih sehat sehingga mendukung mereka untuk tumbuh menjadi anak yang hebat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar