Senin, 20 Mei 2019

4 Penemuan Teknologi Indonesia di Bidang Pertanian dan Peternakan


teknologi indonesia
Di Indonesia, salah satu yang menjadi pusat perhatian di bidang teknologi adalah dunia pertanian dan peternakan. Berbagai inovasi teknologi Indonesia terbaru berhasil dimunculkan dalam mempermudah segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan di lapangan untuk para petani dan peternak di Indonesia. Sehingga, hasil dari pertanian dan peternakan bisa lebih berkualitas dan mampu bersaing di pasar nasional dan internasional. 

Ada empat inovasi terbaru di bidang teknologi Indonesia karya anak bangsa dalam menciptakan sebuah berbagai kemudahan di bidang pertanian dan peternakan, salah satunya adalah berupa aplikasi Android dan iOS. Tujuan dari aplikasi tersebut adalah sebagai infrastruktur dalam meningkatkan hasil tani dan ternak yang berkualitas. 
CI-Agriculture

Sistem ini dibuat oleh Mediatrac, yaitu berupa platform yang mampu menyelesaikan berbagai permasalahan di lapangan, mulai dari pengolahan lahan sampai pada tahapan penjualan hasil melalui sistem manajemen berbasis analisa cuaca, citra satelit, sensor tanah, serta drone yang memudahkan pekerjaan di lapangan. 
teknologi indonesia
Villages

Sistem ini memuat seputar berita pertanian terupdate dan informasi pasar yang lebih terarah. Para petani dapat menggali segala informasi teknologi terbaru seputar pertanian melalui aplikasi sistem tersebut. Teknologi terbaru ini sangat membantu para petani untuk mempermudah pekerjaannya di lapangan serta dapat memasarkan produk hasil buminya sesuai target pasar yang diincar nya.

Habibi Garden

Sistem teknologi Indonesia ini berupa platform yang dikhususkan untuk bidang pertanian dan perkebunan. Petani lebih bisa mengoptimalkan hasil pertaniannya melalui pemantauan pertumbuhan tanaman setiap harinya. Teknologi ini dilengkapi sebuah sensor khusus yang dapat mengumpulkan semua data temperature cocok, kelembaban udara, intensitas cahaya, kadar dalam tanah, dan jumlah kebutuhan nutrisi dalam tanah yang dibutuhkan tanaman. 

E-fishery

Aplikasi ini khusus untuk dunia peternakan, lebih tepatnya yaitu perikanan. Petani yang membudidayakan ikan dapat secara otomatis memberi makan secara berkala setiap harinya secara rutin dan teratur. Dihadirkan nya aplikasi ini, yaitu berawal dari kebiasaan peternak ikan di lapangan yang memberi makan ikan peliharaannya yang kurang efisien dengan cara yang masih manual. 

Sehingga, aplikasi ini sangat membantu dalam memberi makan ikan secara teratur dengan takaran atau jumlah yang pas sesuai kebutuhan berdasarkan usia ikan itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar