Senin, 14 Mei 2018

Macam - Macam Alat Teknologi Pendidikan

Macam - Macam Alat Teknologi Pendidikan





Teknologi pendidikan merupakan teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan alat teknologi pendidikan. Dengan menggunkan alat ini maka proses belajar akan lebih mudah untuk dipahami peserta didik, peserta didik akan mampu berkonsetrasi dengan baik, memudahkan mereka juga untuk menangkap isi dari pelajaran. 

Manfaat lainnya adalah sebagai alat yang akan membantu guru menjelaskan secara baik, rinci dan juga detail isi dari pembelajaran tersebut. Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang didapat dari teknologi dalam pembelajaran.

Teknologi dalam pendidikan dibagi menjadi 3, ada yang perangkat keras atau dikenal dengan hrdwre, perangkat lunak atau software, dan yang ketiga adalah gabungan antara perngkat keras dengan perangkat yang lunak. Berikut ini adalah macam-macam alat teknologi pendidikan yang sebaiknya anda ketahui :

Hardware
Merupakan perangkat keras yang dikenl juga dengan nama hardware. Contohnya adalah laboratorium, proyekto, computer berupa CD ROM, TV, LCD, dan white bord juga alat elektronik lainnya. dengan menggunakan teknologi hardware ini maka guru dan murid bisa melakukan proses pembelajaran yang baik. proses pembelajaran akan berjalan dengan maksimal, dengan alat tersebut maka mampu mendengar atau memperkuat suara, merekam, dan lin sebagainya.

Perangkat lunak
Diantaranya adalah alat pendidikan preventif, yaitu alat pendidikan yang bersifat pencegahan, manfaatnya adalah mencegah anak agar tidak berbuat sesuatu yang tidak baik. ada juga alat pendidikan represif, yang memiliki tujuan untuk menyadarkan anak untuk kembali kejalan yang baik.

Teknologi pendidikan campuran
Merupakan campuran dari dua teknologi diatas. merupakan pendekatan pemecahan masalah. Penting untuk diketahui bahwa teknologi pendidikan dilihat dari jenisnya terbagi menjadi 3, yaitu teknologi uditif, teknologi visual, dan teknologi audio vidual. Dan alat teknologi ini sangat penting untuk ada dalam proses pembelajarn. Proses pembelajaran akan berjaln dengan baik. Teknologi pendidikan ada beberapa macam, diantaranya adalah perangkat keras yng sering dikenal dengan nama software, ada juga peringkat lunak atau software, dan yang ketiga adalah penggabungan keduanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar