Rabu, 25 April 2018

Cara Memilih Islamic Boarding School yang Tepat

Cara Memilih Islamic Boarding School yang Tepat
Islamic boarding school
Siapa pun arang tuanya, pasti menginginkan anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Yaitu anak yang dapat menjadi solusi untuk permasalahan yang ada. Baik permasalahan dirinya sendiri, permasalahan keluarga, dan permasalahan di lingkungan sekitarnya. Dengan kata lain, setiap orang tua pasti menginginkan anaknya sebagai generasi yang akan membawa solusi untuk permasalahan yang ada. Untuk impian tersebut tentulah harus direncanakan secara matang. 

Salah satu caranya yaitu dengan memberikan pendidikan formal yang berkualitas. Pendidikan formal yang dimaksud adalah sebuah lembaga pendidikan yang memiliki kurikulum yang berkualitas untuk membiasakan karakter baik pada anak. Untuk program pembiasaan karakter tersebut, tidak bisa hanya dilakukan hanya beberapa jam di kelas saja. Tetapi harus dilakukan secara komprehensif dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi. 

Oleh karenanya, pendidikan dengan konsep islamic boarding school menjadi salah satu solusinya. Banyak sekali sekolah formal yang menggunakan konsep islamic boarding school ini di Indonesia. Agar benar-benar dapat memilih sekolah tersebut secara tepat, perhatikanlah hal-hal berikut ini:

Kenali kurikulum yang diberlakukan
Kurikulum merupakan seperangkat aturan yang yang dijalankan sebuah sekolah agar para peserta didiknya dapat mencapai target pendidikan yang diinginkan.

Lihat para lulusannya
Lulusan sebuah lembaga pendidikan merupakan cerminan dari kualitas proses pembelajaran di lembaga pendidikan tersebut.

Lihat prestasi sekolah
Melihat prestasi yang diraih sebuah lembaga pendidikan merupakan cara yang paling mudah untuk melihat kualitasnya. Jika prestasi yang diraihnya baru sampai tingkat kecamatan, berarti kualitas pendidikan tersebut baru unggul di tingkat kecamatan. Begitupun selanjutnya.

Lihat sarana dan prasarananya
Perhatikan lokasi, ruangan kelas, laboratorium, lapangan olahraga, dan fasilitas lain yang dapat menunjang proses pendidikan di sebuah lembaga pendidikan. Karena kelengkapan sarana prasarana akan meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh para siswanya.

Nah beberapa point di atas, sudah dimiliki secara unggul oleh islamic boarding school SMA Dwiwarna yang berlokasi di Parung Bogor. Sekolah ini memiliki visi yang futuristic yakni ingin menciptakan generasi muda yang unggul dengan memiliki karakter islam yang tercermin dari perilakunya sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar