Rabu, 21 Maret 2018

Kegiatan Berbahaya Bagi Kesehatan Bumil

Kegiatan Berbahaya Bagi Kesehatan Bumil

Ibu hamil atau bumil merupakan sebuah kondisi diaman seorang ibu sedang mengandung seorang janin manusia yang tidak akan lama lagi dilahirkan ke dunia. Untuk itu, kita harus membantu mereka agar mereka selalu dalam kondisi yang sehat baik jiwa maupun raganya. Kesehatan bumil begitu sangat penting karena dengan memiliki tubuh yang sehat maka akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan sangbayi yang dikandungnya. 

Sebaliknya, jika kondisi bumil yang tidak sehat maka sang bayi di dalam kandungan pun akan cukup terganggu dengan kondisi seperti ini. Salah satu hal yang berkaitan dengan kesehatan bumil tesebut adalah sebuah pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap bumil yaitu pengetahuan mengenai berbagai hal atau kegiatan yang bisa membahayakan kesehatan bumil dan sang bayi yang dikandungnya.

Ada beberapa kegiatan yang bisa membahayakan kesehatan bumil yang harus dihindari dan berusaha untuk tidk dilakukan oleh bumil. Adapun beberapa jenis kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :

Mengkonsumsi makanan mentah. Makanan dari ikan mentah seperti sushi, daging setengah mateng dan adonan kue yang masih mentah mengandung bakteri , virus , dan parasit yang lebih banyak sehingga mengganggu perkembangan janin anda.

Minum minuman beralkohol. Minuman beralkohol akan menghambat asupan nutrisi bagi janin anda selain itu oksigen yang dibutuhkan janin akan tersendat.

Memakai baju ketat. Menggunakan baju ketat akan meningkatkan resiko apalagi di bagian perut yang akan mengganggu perkembangan janin.

Merokok. Kebiasaan merokok yang tetap dilakukan selama masa kehamilan akan menyebabkan bayi terlahir dengan keadaan berat lahir rendah.

Membersihkan kotoran kucing. Kotoran kucing dapat menjadi habitat untuk parasit yang berbahaya bagi ibu hamil. Infeksi parasit dapat menimbulkan gejala yang mungkin awalnya tidak disadari dan dirasakan oleh ibu.

Berendam dalam air panas. Selama kehamilan sebaiknya ibu menghindari ruangan atau lingkungan bersuhu panas. Berdasarkan penelitian, risiko keguguran yang dialami oleh ibu akan meningkat menjadi dua kali lipat apabila ibu berendam dalam air panas.

Kegiatan yang membahayakan kesehatan bumil lainnya adalah mengkonsumsi obat tanpa resep dokter. Selama kehamilan ibu disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan tanpa adanya petunjuk dari dokter. Pasalnya, obat yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa masuk ke dalam plasenta dan sirkulasi janin dalam kandungan. Bahkan beberapa jenis obat diketahui dapat di sekresi melalui air susu ibu (ASI), akibatnya kadar di dalam sirkulasi tubuh bayi akan sama dengan kadar dalam tubuh ibu. Dimana dalam kondisi tertentu dapat menimbulkan bahaya untuk bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar