Minggu, 27 November 2022

International University, Kelas Internasional di Universitas Indonesia




Salah satu Universitas di Jakarta yang menawarkan kelas Internasional adalah UI (Universitas Indonesia). International University Indonesia ini melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi mitra luar negeri seperti Belanda hingga Inggris untuk menyelenggarakan program kelas Internasional jenjang S1 dan S2 bagi mahasiswa Indonesia juga mahasiswa asing. 


Lulusan SMA hingga saat ini masih tertarik untuk bergabung menjadi bagian mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi terfavorit di Indonesia yaitu UI. Banyaknya peminat yang ingin kuliah di kampus tersebut tentu saja dikarenakan UI merupakan universitas terbaik di Indonesia yang juga menyediakan kelas internasional. 


Kelas internasional UI juga memiliki program studi yang beragam, beberapa diantaranya yaitu: rumpun ilmu kesehatan yang yang meliputi program sarjana kedokteran, rumpun ilmu sosial dan humaniora yang meliputi program magister ilmu ekonomi dan ilmu manajemen juga program sarjana akuntansi dan ilmu ekonomi, serta rumpun sains dan teknologi yang meliputi program sarjana arsitektur, teknik elektro, teknik kimia, dan program sarjana teknik mesin. 


Beberapa jalur masuk yang bisa ditempuh untuk menjadi mahasiswa baru dari program kelas internasional UI dilalui dengan kegiatan seleksi dimana mereka yang menjadi peserta terbaik akan berhasil menjadi bagian dari mahasiswa di kampus tersebut. Jalur masuk itu sendiri bisa dilalui dengan jalur prestasi akademik dan jalur ujian tulis dimana kedua jalur tersebut biasanya merupakan jalur undangan yang dikirim ke sekolah-sekolah. 


Untuk bisa masuk dan bergabung di kelas internasional UI tentunya memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pendaftar dan calon mahasiswa baru. Seperti kriteria lulusan SMA/sederajat dengan usia ijazah maksimal lima tahun, ketentuan tes buta warna, kesehatan yang meliputi jasmani hingga mental, hingga mengikuti ujian dan wawancara bagi mereka para peserta yang lolos ujian tulis. 


Perbedaan yang mencolok antara kelas internasional dan kelas reguler salah satunya adalah kurikulum internasional penggunaan bahasa. Dimana biasanya, mereka yang mengikuti program kelas internasional akan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa pengantar yaitu bahasa Inggris di setiap pembelajaran. Keuntungan yang didapat dari mengikuti program ini pun sangat menjanjikan, karena selain membuat mahasiswa siap berkompetisi di kancah global, mereka juga bisa mencoba magang di perusahaan multinasional dengan sertifikat magang selama tiga tahun. Para mahasiswa juga mendapat tes TOEFL gratis, hingga jangkauan relasi global yang luas. 


Selain dari segi penggunaan bahasa pengantar, program kelas internasional biasanya memiliki biaya kuliah yang lebih tinggi dibanding kelas reguler. Hal ini dikarenakan dengan perbedaan fasilitas juga sistem biaya yang tidak menggunakan sistem UKT. Biasanya, biaya kuliah untuk program kelas internasional di international university ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi. 


Namun tidak perlu khawatir, biaya tinggi yang dikeluarkan demi menempuh pendidikan di kelas internasional sepadan dengan apa yang akan didapatkan oleh mahasiswa. Mereka akan mendapat kesempatan exchange program ke luar negeri, visiting professor, hingga bisa mendapatkan gelar ganda. 


Masa pendidikan yang ditempuh untuk lulus dari kelas internasional itu pun relatif sama, namun pembagian masa studinya sendiri tergantung universitas dan fakultas masing-masing. Salah satu contoh yang biasanya diterapkan di kelas internasional adalah lama waktu kuliah, ada yang dimulai dengan dua tahun pertama kuliah di Indonesia dan lanjut dua tahun di luar negeri, baru lulus. Hingga mengharuskan kuliah lima tahun di Indonesia dan lanjut kuliah satu tahun di luar negeri. 


Bagaimana? Tertarik untuk bergabung di program kelas internasional? Universitas Indonesia memberi wadah bagi kalian yang tertarik mengikuti program kelas internasional terbaik dari kerjasama dengan mitra perguruan tinggi luar negeri. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar