Rabu, 27 Oktober 2021

Apa Saja Perbedaan Kredit Syariah dan Kredit Konvensional?

Memiliki kartu kredit bisa menjadi salah satu solusi jika Anda membutuhkan dana dengan cara yang mudah dan praktis. Saat ini ada dua jenis kartu kredit yang bisa Anda pilih, yakni kartu kredit syariah dan konvensional. Sebenarnya keduanya memiliki fungsi yang sama sebagai untuk alat pembayaran non-tunai, misalnya untuk berbelanja di toko online atau melakukan tarik tunai. Hanya saja kredit yang didasarkan pada prinsip syariah menggunakan proses peminjaman uang yang bebas dari riba. 

Berikut beberapa  perbedaan dari kredit syariah dan juga kredit konvensional yang perlu Anda perhatikan:

Suku bunga

Perbedaan yang paling mendasar adalah pada suku bunga. Apabila kredit konvensional menggunakan suku bunga pasar, kredit dengan prinsip syariah hanya mengenal sistem bagi hasil. Maksudnya keuntungan untuk pihak bank atau lembaga pembiayaan  sudah terlebih dahulu ditetapkan di awal. Sistem tersebut menggunakan standar yang sudah ditentukan oleh pihak bank.

Penerapan denda

Perbedaan selanjutnya, pada umumnya bank konvensional menerapkan denda kepada nasabah yang terlambat dalam menyetor cicilan. Sedangkan untuk kredit jenis syariah, apabila nasabah terlambat membayar, maka bank akan menarik sejumlah uang karena keterlambatan tersebut yang kemudian akan disumbangkan kepada lembaga sosial.

Resiko

Risiko untuk kredit jenis syariah, apabila nasabah syariah tidak bisa mengembalikan pinjaman sebab usahanya tidak bisa berjalan dengan lancar, maka pemilik modal akan ikut dalam menanggung sebagian kerugian. Sementara itu untuk kredit jenis konvensional, nasabah harus menanggung semua resiko kegagalan.

Saat ini kartu kredit syariah menjadi salah satu produk bank yang yang semakin berkembang dan banyak dicari oleh masyarakat. Kini Bank Danamon memiliki kartu kredit syariah pertama di indonesia yakni Dirham Card. Dirham Card merupakan hasil kolaborasi antara Bank Danamon dan juga MasterCard dengan semua jaringan atau merchant-nya di seluruh dunia. menyediakan jasa sistem pembayaran dan layanan kepada pemegang kartu.

Kartu Kredit Danamon mampu memberikan kenyamanan bagi Anda untuk melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun. Anda dapat memanfaatkan kartu kredit Danamon dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Bank Danamon juga memiliki berbagai pilihan kartu kredit khusus untuk para nasabah, diantaranya Kartu Kredit Danamon Classic dan Gold, Kartu Kredit Danamon Visa Platinum dan Mastercard Platinum, Kartu Kredit Danamon World dan Infinite, Kartu Kredit Danamon World Business, Kartu Kredit Danamon World Elite.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar