Jumat, 13 Agustus 2021

Cara Mudah Bayar Tagihan PDAM Online



PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum adalah penyedia air bersih untuk masyarakat di sebuah daerah. Kita ketahui bersama jika air bersih merupakan kebutuhan wajib bagi setiap orang. Jadi ketersediaannya tidak bisa digantikan oleh sumber energi lainnya. Agar air PDAM selalu lancar, Anda harus bayar tagihan tepat waktu. Adanya sistem bayar tagihan PDAM online juga sangat membantu Anda. Salah satu bank di Indonesia yang menyediakan channel pembayaran online adalah Bank Sinarmas. Sebelum mengetahui cara pembayarannya, ketahui juga kelebihannya berikut ini:

Kelebihan Membayar Tagihan PDAM Online Melalui Bank Sinarmas



  1. Mudah, cepat, dan efisien

Kelebihan utama melakukan pembayaran online adalah mudah, cepat, dan efisien. Anda tidak perlu khawatir karena pembayaran tagihan bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mudah. Selain itu, prosesnya cepat dan efisien karena tidak perlu antri.

  1. Biaya administrasi terjangkau

Mengurus air PDAM yang mati akibat telat bayar tagihan cukup merepotkan. Jika tidak ingin merasakan hal tersebut, Anda harus bayar tepat waktu. Bayar tagihan PDAM online memang menerapkan biaya administrasi. Namun biaya administrasi tersebut jauh lebih terjangkau dibandingkan denda dari PDAM atau air mati. Biaya yang harus Anda bayar yaitu Rp 2.500 saja setiap melakukan transaksi.

  1. Bisa membayar tagihan PDAM dan PAM

Bukan hanya PDAM saja, Bank Sinarmas juga menerima pembayaran PAM. Perusahaan air minum yang bekerja sama sangat banyak mulai dari pulau Jawa, Sumatera, Bali, hingga Nusa Tenggara. Dengan begitu, Anda lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan air bersih tanpa kendala.

Cara Membayar Tagihan PDAM Online Melalui Bank Sinarmas

  1. Cek terlebih dahulu apakah PDAM daerah Anda terdaftar

Sebelum melakukan pembayaran online, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu apakah perusahaan air minum yang Anda pakai sudah terdaftar. Ada cukup banyak perusahaan yang menerima pembayaran melalui bank ini, namun ada juga yang tidak menerimanya. Anda bisa mengecek apakah perusahaan air minum yang Anda pakai terdaftar melalui website resmi atau aplikasi SimobiPlus. 

  1. Pastikan sudah memiliki aplikasi SimobiPlus

Pembayaran online dilakukan melalui mobile banking yang bernama SimobiPlus. Pastikan Anda sudah memiliki aplikasi tersebut jika ingin melakukan pembayaran. Apabila belum memilikinya, Anda bisa install melalui Google Play Store atau Apps Store. Selanjutnya lakukan aktivasi sesuai dengan panduan yang ada.

  1. Pilih Menu Pembayaran Tagihan

Jika sudah terpasang di smartphone, masuk ke dalam aplikasi SimobiPlus. Akan ditampilkan berbagai menu yang bisa digunakan. Pilih menu Pembayaran Tagihan jika Anda ingin melakukan pembayaran tagihan PDAM atau PAM. Selanjutnya pilih kategori Air yang memiliki logo gambar air.

  1. Masukkan Nomor Pelanggan

Jika sudah masuk ke kategori pembayaran air, Anda bisa langsung mengisi field yang diminta. Masukkan nomor pelanggan PDAM atau PAM. Layar akan menampilkan berapa tagihan Anda bulan ini. Cek informasi yang ditampilkan apakah sudah sesuai atau belum. Apabila sudah sesuai, Anda tinggal menekan tombol Selanjutnya.

  1. Selesaikan Pembayaran

Selesaikan pembayaran dengan mengisi Easy PIN atau Password sebagai bentuk keamanan. Pastikan jika saldo Anda cukup untuk melakukan pembayaran. Karena jika saldo tidak cukup maka pembayaran akan gagal. Detail pembayaran bisa dilihat di riwayat transaksi.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan cara bayar tagihan PDAM online. Adanya layanan online ini membuat Anda bisa tepat waktu membayar tagihan. Jadi air di rumah tidak akan dimatikan oleh PDAM. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk Anda. Informasi lainnya mengenai layanan Bank Sinarmas bisa Anda lihat di website resminya yaitu www.banksinarmas.com. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar