Minggu, 01 Agustus 2021

Cara Mengatasi Gatal Alergi Kulit Dan Penanganannya Di Rumah

Sebelum melakukan penanganan akan alergi sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu alergi, karena dengan mengenalinya dari awal maka untuk penanganan pun bisa lebih tepat. Alergi sendiri merupakan reaksi yang tidak abnormal dari sistem imun saat ada senyawa asing yang sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh. Mereka yang mengalami alergi akan mengalami berbagai gejala seperti batuk, sesak napas,  mata berair, kulit merah, dan yang lainnya. Dari alergi ini juga bisa timbul rasa gatal yang tentunya akan sangat mengganggu sehingga diperlukan cara mengatasi gatal alergi.

Alergi di kulit yang menimbulkan rasa gatal sendiri dapat muncul berupa ruam yang kemerahan. Bagi mereka yang alerginya lama bisa jadi hal tersebut merupakan kondisi alergi yang cukup parah bahkan bisa menjadi suatu penyakit kulit tertentu sehingga tidak lagi menjadi suatu alergi. Sebagai cara mengatasi gatal alergi sendiri dapat dilakukan dengan menghindari pemicu dari alergi itu sendiri, akan tetapi jika sudah terjadi maka ada beberapa hal yang bisa sering direkomendasikan oleh para dokter supaya alergi yang didapat tidak terlalu parah. Dan berikut kami tuliskan beberapa obatnya.

Obat antihistamin. Obat ini bisa menjadi pilihan bagi yang menderita alergi kulit angioedema. Dengan pemberian obat ini dapat membantu dalam menghentikan alergi yang dialami saat sedang kambuh, sekaligus menghilangkan rasa gatal yang menyerang.

Gunakan antibiotik. Penggunaan antibiotik dapat dilakukan terutama untuk gejala alergi dengan kulit yang mengeras dan menimbulkan rasa nyeri. Dalam penggunaan antibiotik para dokter biasanya akan menganjurkan untuk memakai steroid oral yang bisa menghilangkan efek samping yang timbul dari penggunaan antibiotik terlalu sering.

Menggunakan krim kortikosteroid-inflamasi. Penggunaan obat ini bertujuan dalam mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit, dengan begitu rasa gatal yang timbul bisa dikurangi.

Dalam penggunaan obat-obatan di atas sebaiknya sebelum dilakukan anda konsultasikan dulu dengan dokter jika anda mengalami masalah kesehatan lainnya. Masalah kesehatan seperti hipertensi sebaiknya dihindari penggunaannya karena bisa berdampak pada yang lainnya, terutama adanya interaksi obat saat digunakan bersamaan dengan konsumsi obat alergi kulit. 

Masalah rasa gatal yang ditimbulkan dari alergi sendiri sebenarnya juga bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup atau obat-obatan alami yang digunakan di rumah. Hal ini sangat efektif terutama anda yang mengalami alergi kulit. Dengan penanganan yang tepat tentunya tidak perlu lagi pergi ke dokter karena pencegahan dari awal untuk alergi bisa dilakukan. Lalu apa saja yang dapat dilakukan sebagai pencegahan alergi di rumah? Berikut diantaranya.

  1. Pastikan selalu menjaga kelembaban kulit seperti menggunakan pelembab
  2. Jika terjadi alergi di kulit sebaiknya hindari menggaruknya karena bisa menimbulkan infeksi. Jika ini terjadi justru menyebabkan alergi menjadi semakin parah.
  3. Hindari berbagai pemicu alergi mulai dari makanan, benda-benda tertentu, dan yang lainnya. Hal ini merupakan pencegahan awal yang sangat penting dilakukan.
  4. Jika diperlukan anda bisa menggunakan berbagai produk perawatan yang khusus bagi penderita alergi seperti sabun khusus untuk alergi. Cara ini cukup bermanfaat dalam mengatasi alergi yang menyebabkan rasa gatal yang tidak tertahan.
  5. Jika rasa gatal sudah sangat tidak tertahan anda bisa mengompresnya dengan kain dingin pada area yang gatal. Cara ini bermanfaat dalam menjadikan rasa gatal menjadi berkurang dan terasa lebih sejuk.
  6. Kebiasaan mandi dengan air panas yang terlalu sering bisa menjadikan alergi yang dialami menjadi semakin parah, dari itu untuk frekuensi mandi dengan air panas dapat dikurangi.
  7. Memilih pakaian yang memiliki bahan yang mudah menyerap keringat seperti bahan katun. Hindari penggunaan kain yang bisa menyebabkan resiko iritasi pada kulit. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar