Minggu, 15 September 2019

Manfaat Teknologi Pembelajaran Bagi Dunia


Hasil gambar untuk Manfaat Teknologi Pembelajaran Bagi DuniaManfaat Teknologi di dalam dunia Pendidikan tentunya banyak sekali. Pendidikan membutuhkan teknologi pembelajaran untuk membuat tujuan pendidikan lebih cepat tercapai dan materi lebih mudah dipahami. Adanya teknologi tersebut mempermudah proses pembelajaran sehinga peserta didik dapat lebih mudah mengerti maksud dari guru. Karena dengan adanya teknologi pembelajaran yang lebih modern dapat mempercepat stimulus peserta didik untuk lebih mengerti apa yang ingin disampaikan oleh guru. 

Alat pembelajaran yang memancarkan gambar, suara atau teks dapat membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Peserta didik akan lebih banyak berkonsentrasi jika dibandingkan menggunakan pembelajaran klasik yang hanya berupa tulisan-tulisan. Proses pembelajaran terbagi menjadi auditif, visual atau auditif visual. Semuanya proses pembelajaran tersebut memiliki manfaat tersendiri.

Pertama proses pembelajaran auditif yang ditujukan untuk anak yang lebih suka mendengarkan dibandingkan dengan membaca. Teknologi pembelajaran yang bisa diterapkan meliputi rekaman pendidikan dan sound amplifier. Dengan adanya suara maka peserta didik akan lebih mudah menangkap materi yang disampaikan. Kedua adalah proses pembelajaran visual yang menggunakan proyektor dan papan putih, akan memberikan gambar-gambar yang dibutuhkan untuk proses pembelajaran yang lebih baik. 

Proyektor yang dapat menampilkan slide demi slide atau gambar materi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah. Papan putih dapat membuat proses penyampaian materi merata ke seluruh kelas. Lalu auditif visual menggunakan film dan TV. Proses pembelajaran yang secara otomatis menampilkan materi pendidikan yang diinginkan. Proses pembelajaran bertujuan untuk mempercepat proses penyampaian materi dalam kelas. Merupakan proses yang komplit sehingga menjadi proses yang paling banyak digunakan.

Manfaat teknologi pembelajaran diantaranya untuk membantu guru mengajar lebih murah, membuat aktivitas belajar lebih menyenangkan, mempermudah murid mencari sumber materi, membuat siswa memiliki wawasan lebih luas, meningkatkan standar sekolah, memicu kreativitas murid, dan membuat belajar murid tidak membosankan. Proses pembelajaran dan teknologi pembelajaran penting karena pendidikan menjadi hal yang digunakan untuk membangun sebuah negara menjadi lebih maju. Kegiatan belajar dapat membuat pola pikir dan mengembangkannya demi kemajuan umat manusia yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar