Senin, 30 September 2019

Beberapa Macam Teknologi Komunikasi Paling Berpengaruh

Beberapa Macam Teknologi Komunikasi Paling Berpengaruh
teknologi

Komunikasi merupakan proses percakapan timbal balik untuk menyampaikan informasi. Komunikasi akan terjadi melalui bahasa yang disepakati oleh kedua belah pihak dan dimengerti bersama. Teknologi komunikasi telah membantu banyak orang untuk memudahkan urusan mereka. Dengan adanya macam-macam teknologi komunikasi, pesan atau hal yang diinginkan oleh si pemberi pesan dapat sampai dengan lebih mudah dan lebih cepat sampai ke penerima pesan. 

Saat ini komunikasi modern digunakan untuk membantu manusia melakukan komunikasi jarak jauh. Bahkan komunikasi dapat dilakukan lintas benua, pulau maupun saat berbeda planet. Segala lini kehidupan manusia membutuhkan komunikasi karena manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan interaksi antar sesamanya. Interaksi antar sesamanya dapat tercipta hanya melalui adanya komunikasi. Teknologi komunikasi memudahkan komunikasi tanpa terhalang jarak, tempat dan waktu. Berikut adalah macam-macam teknologi komunikasi paling berpengaruh di dunia.

1. Surat
Pertama adalah surat, komunikasi via surat menjadi salah satu alternatif untuk berkomunikasi jarak jauh bagi siapapun juga. Karena dulu tidak ada teknologi sehingga surat atau pesan tertulis menjadi komunikasi yang digunakan di seluruh dunia.

2. Radio
Kedua adalah radio, radio dibutuhkan saat perang karena dengan radio berkirim pesan lebih cepat dibandingkan dengan surat. Melalui gelombang elektromagnetik, radio menjadi pengirim pesan ke seluruh lapisan masyarakat.

3. Faximile dan telegraf
Ketiga faximile dan telegraf, digunakan oleh seluruh dunia untuk berkirim pesan karena lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan surat.

4. Televisi
Keempat televisi merupakan pengirim pesan satu arah. Begitu diminati dan digemari sebagai hiburan murah bagi seluruh lapisan masyarakat. 

5. Handphone
Kelima handphone, menjadi perangkat komunikasi paling lengkap. Dengan handphone anda bisa melakukan kirim pesan, melakukan telepon atau mengirim via aplikasi media sosial.

6. Komputer
Keenam komputer/ tablet/laptop/notebook digunakan untuk menyampaikan informasi dengan berbagai bentuk dan ke segala penjuru dunia dengan mudah. Mampu menyimpan pesan dalam bentuk apapun dan menyampaikannya dengan begitu mudah membuat komputer dimiliki oleh hampir seluruh manusia di muka bumi.

Demikian merupakan macam-macam teknologi komunikasi yang paling berpengaruh di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar