Minggu, 29 Oktober 2017

Perkembangan Motorik Anak Usia 5 Sampai 6 Tahun

Anak usia pra sekolah akan menunjukan perubahan fisik dan juga perubahan sikap yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ia akan memiliki perubahan dalam berperilaku, berkomunikasi dan juga pola pikirnya.

Memasuki usia pendidikan usia dini adalah moment dimana anak akan banyak belajar dalam hidupnya, di usia 5 sampai 6 tahun adalah proses dimana anak mulai memasuki pra sekolah yang baru akan dimulai dengan memasuki berbagai tahapan pendidikan yang diberikannya sesuai dengan usia anak. Pendidikan karakter, keterampilan dan mentalnya akan diasah dengan baik sesuai kemampuan anak, apalagi di sekolah akan banyak belajar mengeksplore kemampuan si anak untuk belajar dan memahami pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Keterampilan motorik anak akan meningkat sesuai dengan usianya dan akan memperoleh kesempatan untuk melakukan kegiatan dengan cara mempraktikannya secara langsung dengan berbagai kegiatan yang mendukung kereampilannya yang berhubungan dengan Perkembangan Motorik kasar.
Proses pembelajarannya yang menyenangkan dan dapat diciptakan melalui berbagai bentuk aktifitas atau kegiatan pembelajaran yang cukup menyebangkan bagi anak, salah satunya adalah dengan memberikan teknik tari. Teknik tari bagi anak-anak adalah memiliki gerakan-gerakan seperti berjalan, melompat, berlari, membungkukan badan, berputar-putar, mengayunkan tangan, mengayuhkan kakinya, dan gerakan-gerakan sederhana lainnya. 

Teknik tari yang diberikan kepada anak agar tubuhnya tidak kaku dan pandai melakukan aktifitas dengan baik, anak yang tubuhnya tidak sering bergerak akan menimbulkan efek tersendiri, seperti malas, tidak aktif dan juga tidak kreatif seperti anak-anak yang lain. Memberikan gerakan yang sudah diolah dan juga disesuaikan dengan karakteristik anak bukan berarti harus menambah gerakan yang berlebihan yang harus dilakukan oleh anak, dengan gerakan sederhana saja untuk merespons setiap aktifitas fisik dan motorik anak adalah cara yang paling baik dan sederhana yang dapat dicontoh oleh anak.

Selain itu juga, agar anak Anda aktif dan tanggap, berikan pula nutrisi tepat dari susu Dancow yang kaya akan vitamin, mineral dan juga minyak ikan untuk memberikan gizi lengkap pada anak dan mendukung Perkembangan Motorik si anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar