Rabu, 23 Agustus 2017

Cara Mengajari Anak Menulis Dengan Tahapan Yang Benar

Cara Mengajari Anak Menulis Dengan Tahapan Yang Benar
Kemampuan menulis pada anak pra sekolah atau pada anak usia 5-6 tahun merupakan kemampuan yang tergolong pada keterampilan motorik halus. Kemampuan tersebut tidak bisa dimiliki secara tiba-tiba tanpa ada proses sebelumnya. 

Oleh karena itu, perlu sekali untuk diketahui oleh seorang ibu agar dapat mempersiapkan kemampuan menulis anak dengan memberikan stimulus lewat mainannya. Misalnya saja dengan memberikan mainan dari plastisin untuk dibentuk berbagai bentuk benda. 

Dengan sering memijat-mijat plastisin untuk meniru berbagai bentuk yang diinginkan anak, otot-otot tangan anak akan ikut terlatih supaya tidak kaku. Selain bermain plastisin, mengajarkan menggunting pada anak pun merupakan cara mengajari anak menulis

Hal itu dikarenakan pada saat menggunting, anak dilatih untuk mengoordinasikan anatara mata, tangan, dan otak supaya terus berkonsentrasi.

Berikut tahapan-tahapan cara mengajari anak menulis setelah dipersiapkan dengan melatih keterampilan motorik halusnya.

Ajari anak menulis dengan menebalkan berbagai garis terlebih dahulu. Misalnya saja diawali dengan menebalkan garis tegak terlebih dahulu. Setelah garis tegak yang dibuat anak bagus, lanjutkan dengan menbalkan garis datar, miring kanan, miring kiri, lengkung atas, lengkung bawah, lengkung kiri, dan lengkung kanan.

Setelah anak bisa menuliskan berbagai garis dengan lancar, lanjutkan dengan melatihnya menebalkan bentuk geometri seperti lingkaran, segi tiga, dan segi empat.

Lanjutkan untuk terus melatihnya menulis dengan menebalkan abjad atau angka. Agar lebih menarik lagi bagi anak, huruf atau angka yang ditebalkannya harus berukuran besar. Setelah beres ditebalkan, anak disuruh untuk mewarnainya dengan aneka warna yang menarik.

Demikianlah cara mengajari anak menulis secara bertahap tapi berkelanjutan. Lakukan cara-cara di atas secara rutin dan tetap menyenangkan bagi mereka. Selain itu, jangan abaikan asupan gizi dan nutrisinya. Karena walaupun terlihat sepele, belajar menulis merupakan aktivitas yang membutuhkan kerja otak. 

Makanan dan minuman yang kaya nutrisi seperti susu akan membantu memberikan nutrisi pada otak anak. Oleh karenanya, berikan terus susu pertumbuhan seperti dancow 3 plus pada anak-anak kita yang masih brusia 4 atau 5 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar