Selasa, 31 Oktober 2023

Manfaat Senam Kegel Untuk Ibu Yang Mau Persalinan



Masa-masa kehamilan adalah masa yang cukup menyenangkan bagi mereka yang merindukan kehadiran buah hati. Namun masa kehamilan adalah masa yang berat bagi calon ibu, belum lagi nanti ketika datang masa persalinan. Dalam hal ini tentunya ibu hamil tidak boleh malas-malasan dalam melakukan aktivitas keseharian. Salah satu hal yang biasanya harus dilakukan oleh ibu hamil yaitu senam kegel.

Nah sebenarnya apa sih manfaatnya untuk ibu hamil dengan melakukan senam kegel ini? Berikut diantaranya yaitu :

Untuk Memperkuat Otot Panggul

Ketika Anda melakukan senam kegel tentunya bisa membantu dalam menguatkan otot panggul, sehingga ini memiliki manfaat dalam mendukung kinerja dari kandung kemih, Rahim serta usus. Kemudian bisa memperkuat otot-otot panggul selama dalam masa kehamilan serta bisa mengembangkan kemampuan ibu hamil untuk  mengendalikan otot sebagai persiapan melahirkan.

Bia Mempermudah proses persalinan

Ibu perlu tahu bahwasannya kalau otot perut melemah, maka hal tersebut bisa memiliki dampak pada proses melahirkan. Biasanya Ibu hamil akan sangat kesulitan ketika  mendorong bayi keluar dengan efektif. Sehingga senam kegel ibu hamil bisa memperkuat otot dasar panggul, serta bisa membantu dalam proses persalinan serta bisa mengurangi adanya resiko robekan di jaringan panggul saat melahirkan.

Membantu mengontrol kandung kemih

Perlu ibu tahu, bahwasanya dengan otot dasar panggul yang kuat tentunya bisa membantu dalam mengontrol kandung kemih. Dengan melakukan senam kegel untuk ibu hamil maka tentu saja bisa mencegah inkontinensia urin atau adanya kesulitan dalam menahan buang air kecil pada saat masa kehamilan terutama ini menjelang masa persalinan atau bahkan setelah Ibu melahirkan.

Dapat Mencegah terjadinya komplikasi

Menurut dari sebuah studi sebanyak sepertiga dari Wanita biasanya mengalami robek vagina pada saat sedang melahirkan. Senam kegel tersebut tentunya dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko ibu hamil yang mengalami komplikasi contohnya yaitu seperti robeknya vagina. Gerakan senam kegel juga bisa melatih otot panggul sehingga proses persalinan juga tidak akan berlangsung lama dan tentunya lancar. 

Nah itulah manfaat dari senam kegel untuk ibu hamil, selain ibu mempersiapkan diri dalam masa persalinan ibu juga bisa mempersiapkan kebutuhan bayi seperti Popok Makuku. Jadi ketika bayi lahir ibu tidak kebingungan popok untuk bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar