Jumat, 17 November 2023

Penyebab dan Cara Meredakan Mata Merah



Mata merah adalah kondisi umum yang biasanya tidak membahayakan. Akan tetapi, kondisi tersebut bisa sangat mengganggu penglihatan sehingga aktivitas dan komunikasi pun juga terganggu. Meskipun ringan, namun Anda tetap harus meredakan mata merah agar tidak mengganggu. Simak artikel ini untuk mengetahui penyebab dan cara meredakannya.

Penyebab Mata Merah

Pada dasarnya, mata merah terjadi karena pembengkakan dan melebarnya pembuluh darah yang ada di selaput putih atau sklera. Ada beberapa hal yang membuat sklera mata merah dan membengkak, berikut di antaranya:

  • Masuknya benda asing ke mata
  • Infeksi
  • Alergi
  • Paparan sinar matahari
  • Cidera
  • Mata kering
  • Konjungtivitis atau pembuluh darah mata yang membengkak
  • Kelelahan

Cara Meredakan Mata Merah

Anda bisa meredakan atau mengobati mata merah dengan cara berikut ini:

1. Kompres Hangat

Cara pertama yaitu melakukan kompres hangat. Gunakan handu, lalu masukkan ke dalam baskom berisi air hangat. Selanjutnya peras, dan letakkan pada mata merah selama 10-15 menit. Kompres hangat meningkatkan aliran darah di sekitar mata dan mengatasi iritasi. 

2. Kompres Dingin

Tidak hanya kompres hangat saja, Anda juga bisa meredakan mata yang merah dengan kompres dingin. Caranya sama saja dengan sebelumnya, Anda perlu mengompres mata selama 10-15 menit. Manfaat kompres dingin yaitu mengatasi mata merah, bengkak, gatal, dan iritasi.

3. Pelembab Udara

Jika terlalu sering berada di ruangan ber-AC, maka mata Anda biasanya akan kering dan merah. Atasi masalah tersebut dengan memakai pelembab udara atau humidifier. Manfaat lain humidifier yaitu membersihkan udara sehingga debu atau kotoran penyebab iritasi bisa hilang. 

4. Air Mata Buatan

Ada obat tetes yang berfungsi sebagai air mata buatan. Manfaat utamanya yaitu membersihkan mata dan menjaga mata tetap lembab. Biasanya, cara ini dilakukan ketika mata Anda memerah akibat penggunaan lensa kontak yang terlalu lama.

5. Obat Tetes Mata

Terakhir, Anda bisa memakai obat tetes mata untuk meredakan mata yang memerah. Jangan lupa baca kandungan dan kegunaan obat tetes mata. Pasalnya, ada obat yang memang khusus untuk meredakan kemerahan dan iritasi.

Sudah tahu apa saja penyebab dan bagaimana cara meredakan mata merah? Tidak hanya saat mata bermasalah saja, Anda harus selalu menjaga mata kapan saja. Pasalnya, indera satu ini termasuk indera yang sangat penting. Gunakan obat tetes mata Insto untuk membantu menjaga kesehatan mata.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar