Minggu, 28 November 2021

5 Nutrisi Otak Ini Optimalkan Kecerdasan Si Kecil

Kecerdasan yang optimal bisa membantu Si Kecil untuk berpikir, berkonsentrasi, memahami pelajaran, hingga mencapai prestasi terbaik. Selain memberikan stimulasi, kecerdasan anak bisa dioptimalkan dengan pemberian nutrisi yang tepat. Setidaknya ada 5 macam nutrisi otak yang harus didapatkan oleh Si Kecil. Langsung saja, berikut kelima nutrisinya:

Omega 3 dan Omega 6

Omega 3 dan omega 6 termasuk ke dalam asam lemak yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh. AA dan DHA yang dikenal baik untuk perkembangan otak merupakan bentuk lain dari kedua nutrisi tersebut. Anda bisa memenuhi kebutuhan omega 3 dan omega 6 dengan beberapa makanan lezat seperti ikan sarden, ikan salmon, kacang almond, dan kacang kedelai.

Kolin

Kolin memiliki manfaat untuk kemampuan berpikir anak, konsentrasi, dan juga daya ingat. Karena manfaatnya tersebut, asupan kolin harus selalu terpenuhi. Ada beberapa makanan yang memiliki kandungan kolin seperti susu, salmon, daging, hati ayam.

Zat Besi

Nutrisi otak untuk anak yang harus terpenuhi selanjutnya adalah zat besi. Zat besi dibutuhkan oleh sel darah merah untuk membawa oksigen ke otak. Asupan oksigen yang cukup membuat perkembangan otak berjalan dengan baik. Makanan sumber zat besi yang bisa Anda berikan pada Si Kecil yaitu daging merah, sereal, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Folat

Folat tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga hanya bisa didapatkan dari makanan atau asupan dari luar tubuh. Manfaatnya yaitu menguatkan sistem saraf dan membentuk DNA. Makanan yang mengandung folat termasuk daging ayam, hati sapi, biji-bijian, dan tempe.

Vitamin B12

Vitamin B12 juga dikenal sebagai kobalamin memiliki peran penting untuk perkembangan otak Si Kecil. Jika kekurangan vitamin B12, anak berisiko mengalami peradangan. Selain itu, kekurangan vitamin B12 juga menghambat kecepatan impuls saraf. Makanan yang mengandung vitamin B12 adalah sereal, susu almond, susu kedelai, telur, dan lain sebagainya.

Itulah 5 macam nutrisi otak yang membantu mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil. Di samping makanan-makanan yang mengandung nutrisi untuk otak, Anda juga bisa memberikan susu pertumbuhan pada Si Kecil. Pasalnya susu pertumbuhan juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh otak anak. Rekomendasi susu pertumbuhan yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Nestle Dancow Nutritods.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar