Kamis, 23 September 2021

Prospek Kerja Lulusan Kuliah Design yang Harus Diketahui

Dewasa ini, keahlian desain grafis banyak dibutuhkan. Bahkan di beberapa perusahaan besar, keahlian tersebut mampu mendukung serta membantu pemasaran dan juga promosi. Bagi para peminat desain grafis, saat ini juga sudah banyak berdiri kuliah design untuk mendalami bidang tersebut.

Nah, seperti yang kami jelaskan sebelumnya, prospek pekerjaan di bidang ini tergolong besar. Lalu, apa sajakah prospek pekerjaan tersebut. Berikut ini kami akan coba jelaskan kepada Anda secara detail:

1.      Profesi Pembuat Logo Perusahaan

Logo suatu brand atau perusahaan tidak hanya sekedar untuk pembeda antara brand satu dengan yang lain. Logo juga menjadi sebuah branding image yang kuat dan membantu orang untuk mengenali brand atau perusahaan tersebut.

Di lain sisi, logo juga merupakan salah satu hal yang penting. Pasalnya, logo biasanya mengandung makna yang dalam terkait suatu perusahaan maupun brand.

Melihat dari pentingnya sebuah logo, itulah yang menjadikan seorang desainer grafis banyak dicari.

2.      Desainer Feed Social Media

Seperti yang sudah kita ketahui, media sosial saat ini sudah menjadi salah satu bagian penting di dalam pemasaran dan promosi. Contohnya sudah banyak perusahaan yang menggunakannya untuk kebutuhan marketing.

Seiring dengan berkembangnya social media marketing, jenis iklan dan pemasaran di sosial media pun tumbuh menjadi lebih kreatif. Di sinilah peran seorang desain grafis dibutuhkan. Mereka bertugas untuk membuat sebuah feed desain yang menarik perhatian.

Selain untuk kebutuhan promosi dan pemasaran di beranda, desain ini juga bisa ditaruh di story Facebook maupun Instagram.

3.      Layanan Desain Branding, Promosi, dan Pemasaran

Dari dulu hingga saat ini, promosi selalu berkaitan dengan desain. Tanpa adanya desain, maka promosi atau iklan pun akan tampak membosankan. Desain akan membantu iklan menjadi lebih menarik dan membantu mengoptimalkan pemasaran maupun branding.

Bayangkan jika suatu iklan atau promosi hanya berupa tulisan saja? Iklan tersebut tentu akan sulit untuk menarik perhatian audiens bukan? Jika seperti itu, maka akan sulit untuk mengenalkan produk atau brand Anda.

Untuk itulah dibutuhkan seorang desainer grafis agar iklan tampak lebih menarik. Iklan yang kami maksud ini mulai dari brosur, banner, dan media-media lainnya.

4.      Bekerja Menjadi Desainer Grafis Intern

Selain menjadi seorang freelancer atau membuka layanan sendiri, Anda juga berpeluang untuk bekerja menjadi seorang desainer grafis di sebuah perusahaan tertentu. Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, banyak perusahaan yang membutuhkan seorang desainer grafis.

Nantinya Anda akan bekerja untuk perusahaan tersebut dalam pembuatan desain. Baik itu desain untuk media sosial, banner, dan kebutuhan lain sesuai dengan permintaan perusahaan yang berkaitan.

5.      Bekerja di Sebuah Agency

Anda juga bisa menjadi bagian dalam sebuah naungan agency jasa di bidang desain grafis. Dengan bergabung di agency tersebut maka Anda tidak akan kesulitan mencari klien karena klien yang akan datang ke agency tersebut.

Namun, pendapatan Anda mungkin tidak akan sebanyak Anda membuka layanan sendiri. Meski begitu, bekerja di sebuah agency juga cocok untuk Anda yang sedang mencari pengalaman kerja untuk menambah portofolio.

Kesimpulan

Pada dasarnya, selain pekerjaan-pekerjaan di atas, juga masih banyak pekerjaan lain untuk bidang desain grafis. Itu artinya, bidang tersebut sangat potensial sekali untuk mendapatkan pekerjaan.

Demikian informasi seputar pekerjaan apa saja yang bisa Anda dapatkan setelah lulus kuliah design. Bagi Anda yang berminat untuk menggeluti bidang tersebut, IDS (International Design School) bisa menjadi tempat yang paling tepat untuk mendalaminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar