Jumat, 10 September 2021

Pilihan Mainan Edukatif Sesuai Usia Anak

Bermain merupakan aktivitas yang paling disukai oleh anak-anak. Mereka bahkan bisa menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain, terutama bagi anak yang belum memasuki usia sekolah. Selain untuk hiburan, bermain ternyata juga bisa menjadi stimulasi berbagai kemampuan Si Kecil. Mainan yang tepat dapat membantu mengembangkan kemampuan gerak anggota tubuh, daya imajinasi, koordinasi mata dan tangan, ekspresi diri, dan lain sebagainya. Berikut ini diberikan pilihan mainan edukatif yang bisa disesuaikan dengan usia:

Mainan Anak 1 Tahun

Di awal usia 1 tahun, Si Kecil bisa mendapatkan mainan dengan bentuk warna-warni yang aman. Contohnya yaitu mainan tumpuk dan susun, balok besar, dan lain sebagainya. Menyusun mainan tersebut bisa membantu melatih kemampuan spasial Si Kecil. Setelah memasuki usia 15-18 bulan, Anda bisa memberikan krayon, buku warna bergambar, serta permainan teka-teki sederhana untuk mendorong kemampuan berpikir dan imajinasinya.

Mainan Anak 2 Tahun

Pada usia 2 tahun biasanya Si Kecil sudah memiliki kemampuan berjalan yang semakin baik. Karena sudah bisa berjalan, Si Kecil mulai bisa mengeksplorasi isi rumah. Anda bisa memberikan mainan yang berhubungan dengan kemampuan fisiknya misalnya seperti bola. Selain itu, Anda juga bisa memberikan mainan balok susun, krayon dan kertas gambar, mobil-mobilan, dan lain sebagainya.

Mainan Anak 3 Tahun

Anak yang berusia 3 tahun memiliki kontrol mata serta gerak tangan yang baik. Berikan mainan yang bisa mempertajam koordinasi gerak serta kreativitas seperti puzzle sederhana, cat air, play dough, mainan konstruksi, dan lain-lain.

Mainan Anak 3,5-4 Tahun

Kemampuan bersosialisasi anak usia 3,5 tahun hingga 4 tahun cukup baik. Karena hal tersebut Anda bisa memberikan mainan yang berhubungan dengan kemampuan sosialisasinya. Pada usia ini, Anda juga sudah bisa mengajari Si Kecil mengendarai sepeda roda tiga.

Mainan Anak 4-5 Tahun

Tahapan selanjutnya yaitu usia akhir balita. Anda bisa memberikan jenis mainan yang lebih kompleks seperti lego, ular tangga, sempoa, dan lain sebagainya. Di usia ini Anda juga bisa mengenalkan teknologi namun dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan.

Itulah pilihan mainan edukatif yang bisa diberikan pada Si Kecil sesuai usianya. Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian  susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat. Katalog Wyeth Nutrition selengkapnya bisa dilihat di www.wyethnutrition.co.id. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar