Kamis, 25 Maret 2021

6 Tips Menguasai Bahasa Pemrograman Jurusan Teknik Informatika

jurusan teknik informatika

Bahasa pemrograman adalah salah satu hal yang wajib untuk dikuasai oleh mahasiswa informatika. Bagi Anda yang ingin berkuliah di jurusan Teknik Informatika, maka penting sekali untuk mulai mengenal bahasa pemrograman. Mungkin Anda akan kesulitan di awal masuk kuliah, namun jika sudah memahami teknik yang tepat pasti tak akan sulit untuk menguasainya.

Belajar Bahasa Pemrograman

Agar bisa lulus tepat waktu dari jurusan ini, maka dibutuhkan pondasi ilmu yang mumpuni. Berikut akan dibahas 6 tips mudah memahami modal penting di jurusan ini yaitu bahasa pemrograman.

Mengenal Pemrograman

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami apa itu pemrograman. Sebelum mempelajari bahasa pemrograman, tentu harus tahu apa sebenarnya yang akan dipelajari. 

jurusan teknik informatika

Pahami juga fungsi dan peran bahasa pemrograman ini di dunia informatika. Pemahaman ini akan sangat membantu Anda untuk bisa lebih mudah mengenal sekaligus menghafal bahasa pemrograman.

Pilih Satu Bahasa Pemrograman

Perlu diketahui bahwa ada lebih dari satu bahasa pemrograman yang saat ini digunakan. Tidak semua jenis bahasa pemrograman harus Anda kuasai. Sebagai permulaan, tentukan dulu jenis bahasa pemrograman yang ingin dipelajari dan dikuasai dengan baik. Ini tentu bisa sangat membantu Anda supaya bisa lebih fokus belajarnya.

Coba cari tahu dulu ada bahasa pemrograman apa saja yang saat ini berkembang. Pilih jenis bahasa pemrograman yang paling sesuai dengan kemampuan dan minat. Kuasai satu jenis terlebih dahulu baru kemudian Anda bisa mengembangkan kemampuan dengan menguasai jenis yang lain.

Cari Referensi Paling Efektif

Pemilihan referensi saat belajar adalah kunci penting bagi mahasiswa jurusan Teknik Informatika. Sangat disarankan untuk memilih jenis referensi yang paling efektif dan sesuai karakter diri mahasiswa. 

Mulai dari buku cetak, buku elektronik, video tutorial, dan lain sebagainya. Pilih jenis referensi yang menurut Anda bisa dipahami dengan mudah dan sangat membantu meningkatkan kemampuan Anda. 

Asah Setiap Hari

Belajar bahasa pemrograman tidak cukup sebatas membaca teori sepintas lalu. Anda juga harus mempraktekkannya. Setelah cukup menghafal bahasa pemrograman, segera praktikkan sesering mungkin. 

Selain itu pastikan Anda tidak melakukan copy paste saat belajar. Akan jauh lebih efektif jika Anda membaca dan menulis sendiri untuk meningkatkan kreativitas juga kemampuan.

Pakai Bimbingan Mentor

Jika kesulitan untuk belajar sendiri, tak ada salahnya untuk menggunakan bimbingan orang lain sebagai mentor. Anda bisa menggunakan bantuan ilmu dari orang yang sudah ahli untuk mengajari Anda menguasai bahasa pemrograman. Bergabunglah dengan komunitas atau grup khusus yang menyediakan fasilitas untuk belajar bahasa pemrograman bersama mentor profesional.

Pelan dan Efektif

Belajar bahasa pemrograman memang tak harus cepat. Anda bisa menempuh jalan yang lebih lambat asalkan masih efektif. Tak perlu terburu-buru namun juga jangan bermalas-malasan. Pastikan bahwa apa yang Anda pelajari bisa dipahami dengan baik dan masuk di dalam otak.

Tak masalah untuk mengambil waktu beristirahat. Justru sangat dianjurkan untuk istirahat cukup agar bisa memahami bahasa pemrograman dengan lebih baik. Ambil waktu untuk mengistirahatkan otak agar bisa bekerja lebih efektif. Apalagi bahasa pemrograman ini cukup rumit untuk dikuasai sehingga membutuhkan performa otak yang optimal.

Itulah tadi 6 tips efektif belajar bahasa pemrograman bagi mahasiswa jurusan Teknik Informatika. Mulai dulu dengan niat dan semangat agar topik ini bisa dipelajari dengan baik tanpa hambatan. Anda bisa menguasai ilmu bahasa pemrograman ini di STMIK IDS College yang membuka jurusan di bidang komputer dan informatika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar