Senin, 13 November 2017

Beberapa Komponen Dalam Penulisan Planning Untuk Bisnis

Beberapa Komponen Dalam Penulisan Planning Untuk Bisnis

Planning untuk bisnis ini memang hal yang sangat penting untuk kita tulis sebelum memulai usaha. Maka dari itu, dalam pembuatan rencana untuk bisnis ini tentunya meliputi beberapa komponen-komponen penting yang tidak boleh terlewatkan. Dalam menulis rencana bisnis salah satu komponennya yaitu ringkasan eksekutif.

Bagian ini merupakan bagian terpenting dari penulisan rencana bisnis. Sebab dihalaman ini adalah tempat untuk mendeskripsikan bisnis yang akan dijalankan. Pada halaman ini berisi deskripsi ringkas dari bentuk bisnis, inovasi dari bisnis, serta waktu bisnis Anda diluncurkan. Halaman ini juga merupakan halaman yang pertama kali dibaca, jadi usahakan membuat ringkasan eksekutif ini semenarik mungkin sehingga pembaca tidak malas meneruskan membacanya.

Selanjutnya dalam penulisan planning untuk usaha adalah latar belakang, dimana didalamnya terdapat poin-poin tentang bagaimana jalannya bisnis Anda. Pada bagian ini tertera mulai dari sejarah, pihak yang akan bertanggung jawab, kondisi keuangan, rancangan pengembangan, produk yang dihasilkan, penjelasan tentang usaha, serta penjelasan secara detail tentang produknya. Adapun urutannya sebagai berikut:

Latar Belakang.
Sejarah berdirinya perusahaan.
Pihak yang akan terlibat dan bertanggung jawab dalam bisnis Anda.
Kondisi keuangan.
Rencana pengembangan.
Produk atau jasa yang dihasilkan.
Penjelasan tentang usaha yang akan dijalankan.
Aspek perijinan.
Siapa yang ikut bekerja sama.
Jenis usaha yang dipilih.
Penjelasan produk.
Produk yang akan dijual.
Manfaat produk.
Gambaran saingan bisnis.
Keunggulan produk.
Penjelasan tentang lokasi.
Jenis lokasi, sewa atau bangunan milik sendiri.
Penjelasan tentang luas tanah.
Keunggulan lokasi tanah.

Hal yang harus diperhatikan dalam planning untuk usaha selanjutnya adalah analisa pemasaran atau marketing analysis. Dimana didalamnya Anda akan menjelaskan tentang target konsumen yang produk yang akan Anda tawarkan. Dalam bagian Anda juga dapat memasukkan penjelasan tentang bagaimana produk Anda dibuat, kemasan serta berapa harga yang Anda tawarkan dari produk atau jasa Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar