Kamis, 04 Mei 2017

Belajar ke Luar Negeri Butuh Persiapan


Belajar ke Luar Negeri Butuh Persiapan
Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan. Baik melalui jalur pendidikan formal maupun pendidikan nonformal. Pendidikan formal adala
h pendidikan yang dibuat secara sistematis dan sistemis. Misalnya saja pendidikan dari tingkat TK hingga tingkat perguruan tinggi.

Sementara pendidikan jalur non formal adalah pendidikan yang didirikan sebagai pendidikan tambahan sesuai keperluan masyarakat. Misalnya saja berbagai kursus dan pelatihan. Jalur pendidikan formal pun terdapat banyak pilihan. Bisa memilih lembaga pendidikan yang dikelola oleh pemerintah, lembaga pendidikan yang dikelola pihak swasta, ataupun pendidikan yang diselenggarakan di luar negeri. Pendidikan yang diselenggarakan di luar negeri biasa dikenla dengan sebutan Studi ke Luar Negeri.

Banyak berbagai alasan seseorang Studi ke Luar Negeri. Misalnya saja karena didorong oleh keinginan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman khusus pada bidang tertentu di sebuah lembaga pendidikan yang terkenal bagus pada bidang tersebut. Misalnya saja para mahasiswa Indonesia yang dikirim belajar ke Jerman untuk mempelajari ilmu pengetahuan di bidang teknologi. 

Karena Jerman sudah dikenal dunia sebagai penghasil teknokrat yang berkualitas dunia. Dengan belajar pada sumbernya, tentu saja kualitas lulusan yang akan dihasilkan akan memahami ilmu pengertahuan tertentu tersebut dengan sangat mumpuni. Sehingga setelah lulus dari universitas di luar negeri dapat membawa dampak positif bagui kemajuan negara Indonesia, misalnya.

Namun, untuk mendapatkan kesempatan ke luar negeri apalagi kesempatan untuk belajar di universitas ternama tidaklah mudah. Para calon mahasiswa harus mempersiapkan berbagai hal. Dari mulai persiapan akademis, persiapan kesehatan fisik, kemampuan beradaptasi, hingga persiapan materi selama menjalankan kuliah di luar negeri. 

Hal yang pertama kali harus dipersiapkan ketika berencana untuk kuliah keluar negeri adalah lulus tes masuk perguruan tinggi luar negeri. Misalnya saja lulus SAT (Scholastic Assessment Test). Tes ini merupakan tes kemampuan dasar pengetahuan yang didapatkan selama bersekolah. Materi tesnya terdiri dari matematika dasar, kemampuan membaca kritis, dan kemampuan menulis. Semua materi tes disajikan dalam bahasa inggris. Untuk bisa lulus SAT secara memuaskan, sebaiknya melakukan persiapan terlebih dahulu di Edupac Indonesia, tempat kursus persiapan Studi ke Luar Negeri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar