Kamis, 08 Desember 2016

Kemajuan Komunikasi Melalui Sosial Media

Kemajuan Komunikasi Melalui Sosial Media
Media sosial merupakan salah satu bentuk dari perkembangan teknologi komunikasi yang ada di dunia termasuk di Indonesia. Media sosial ini didukung dengan adanya jaringan internet yang dari tahun ke tahun semakin berkembang di negara kita.

Meskipun saat ini penggunaan media massa seperti koran, majalah, dan sebagainya masih banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia, namun penggunaan media sosial juga semakin meningkat seiring dengan semakin canggihnya teknologi internet di negara kita ini. Sosial media sering digunakan untuk penyampaian informasi, penyampaian peristiwa, menambahkan jaringan pertemanan di tingkat dunia melalui jejaring sosial, dan dapat digunakan untuk keperluan bisnis maupun hiburan lainnya.

Media sosial yang meliputi situs jejaring sosial seperti facebook, linkedin, instagram, twiter, dan sebagainya adalah beberapa bentuk media sosial dengan dukungan jaringan internet yang banyak digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Melalui jejaring sosial ini, setiap penggunanya dapat memperoleh kemudahan seperti halanya dalam melakukan bisnis online yang menjadi tren saat ini.

Selain itu, terdapat juga media sosial untuk membuat konten seperti wiki (situs yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan, menghapus, dan mengubah konten berbasis teks), social bookmark, blog dan mikroblog, dan konten yang dalam pembuatannya dapat diakses secara global.

Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang sangat efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, dehingga dapat memperluas jaringan promosi dalam bisnis yang dilakukan. Media sosial juga memiliki jangkauan yang lebih luas dan dapat diakses dalam waktu yang cepat dengan biaya yang tidak terlalu besar. Berbeda dengan media tradisonal ataupun media konvensional yang meskipun dapat menjangkau secara global tetapi dalam pelaksanaannya memerlukan biaya yang mahal dan waktu yang cukup lama.

Media sosial saat ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat melalui alat komunikasi yang semakin canggih seperti gadget. Macam-macam gadget yang tersedia saat ini telah dilengkapi dengan berbagai kecanggihan termasuk kemudahan dalam mengakses internet untuk mendapatkan aplikasi jenis-jenis media sosial sesuai dengan kebutuhan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar