Sabtu, 17 Desember 2016

Barang Yang Memanfaatkan Teknologi Layar OLED

Barang Yang Memanfaatkan Teknologi Layar OLED
Gadget merupakan salah satu alat komunikasi yang saat ini tengah menjadi primadona di kalangan masyarakat. Hampir seluruh masyarakat di kalangan menengah ke atas memiliki gadget, bahkan beberapa diantaranya memiliki gadget lebih dari satu buah. Gadget diklaim dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terutama untuk komunikasi dan akses internet sebagai sumber informasi terkini dan tercepat. 

Sehingga teknologi yang berkaitan dengan gadget selalu di mutahirkan dan direvisi, bahkan tidak jarang muncul teknologi baru di sektor ini. Salah satu teknologi gadget terbaru merupakan gadget OLED yang digadang – gadang memiliki layar fleksibel.

OLED merupakan suatu semi konduktor yang berfungsi sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik, maka OLED ini sering disebut diode cahaya organik. OLED yang merupakan singkatan dari Organic Light-Emitting Diode ini memiliki ukuran yang sangat tipis yaitu kurang dari 1mm ataupun setara dengan ketipisan selembar kertas. 

Namun meskipun tipis piranti ini memiliki performa yang sangat baik. OLED saat ini telah digunakan diberbagai barang, diantaranya adalah :

Alat komunikasi, alat komunikasi yang telah menggunakan teknologi OLED ini adalah gadget. Dan saat ini OLED sedang dikembangkan gadget OLED dengan layar fleksibel. OLED yang tipis sangat memungkinkan untuk dibuat fleksibel. 

Beberapa vendor tengah mengembangkan gadget layar fleksibel ini. Saat ini masih dalam tahap penyempurnaan dan diprediksi akan di luncurkan ke pasar pada beberapa tahun mendatang.

Jam tangan digital, layar dengan teknologi OLED telah di gunakan pada jam tangan digital. Jam tangan ini telah dilengkapi pula dengan berbagai fungsi lain seperti MP4 player, rekaman suara, menampilkan gambar serta menonton film. Jam tangan jenis ini telah dipasarkan di Indonesia.

Papan ketik, teknologi OLED pada papan ketik digunakan pada permukaan sehingga dapat menampilkan sebuah huruf atau ikon yang seolah-olah tercetak di atas tombol papan ketik.

Itulah beberapa peralatan yang telah mengaplikasikan teknologi OLED. Gadget OLED dengan tampilan layar fleksibel merupakan satu – satunya teknologi dari beberapa teknologi di atas yang masih dalam tahap pengembangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar