Selasa, 23 Agustus 2022

Tips Dalam Membeli Perhiasan Berlian Asli

Berlian merupakan permata indah yang memiliki nilai yang cukup tinggi. Oleh sebab itulah bagi Anda yang baru pertama kali membeli perhiasan berlian asli, wajib untuk mempertimbangkan beberapa hal agar bisa mendapatkan perhiasan berlian yang sempurna dan tentu terjamin kualitas serta keasliannya.

Maka dari itu, berikut ini kami akan membagikan beberapa tips dalam membeli perhiasan berlian bagi first timer atau yang baru pertama kali membelinya.

Pahami standar 4C

Standar 4C sendiri merupakan standar kualitas berlian yang meliputi

Clarity (Kejernihan). Kejernihan suatu berlian bisa ditentukan oleh ada atau tidaknya suatu cacat pada berlian tersebut. Tidak hanya itu, berlian juga harus terbebas dari noda ataupun goresan-goresan. Karena, semakin banyak cacat yang dimiliki sebuah berlian maka kilauan yang dipancarkan pun akan semakin redup dan tentunya harganya semakin menurun.

Color (Warna). Ketika hendak membeli sebuah perhiasan berlian, maka Anda juga harus melihat warna dari berlian tersebut. Apakah berlian tersebut terlihat menguning atau tidak. Warna yang muncul dari berlian tersebut bisa terjadi karena dipengaruhi berbagai faktor, seperti adanya suhu dan tekanan tinggi maupun radiasi. Itulah sebabnya berlian yang tidak memiliki warna mempunyai kualitas baik dan dihargai sangat tinggi.

Cut (Potongan). Perlu diketahui, potongan dari berlian dapat menentukan pantulan sinar yang dihasilkan oleh berlian itu sendiri. Berlian yang memiliki potongan baik dan proporsional mampu menghasilkan kilauan cahaya indah. GIA sebagai otoritas penilaian kualitas berlian dunia sendiri telah menentukan skala potongan berlian yaitu Fair, Good, Very Good, Ideal dan Signature Ideal.

Carat (Karat). Karat pada berlian ditentukan berdasarkan berat berliannya. Ukuran karat berlian dimulai dari 0,1 sampai 1,0 yang di mana semakin berat karatnya harga berlian itu bisa semakin melambung tinggi. Akan tetapi, besaran karat bukanlah satu-satunya penentu nilai harga suatu berlian, karena hal ini dipengaruhi juga oleh standar cut, carat, dan clarity.

Sesuaikan dengan Budget

Kebijakan dalam memilih jenis berlian akan sangat diperlukan bagi Anda karena beda kualitas tentu akan berbeda harganya. Oleh karena itu, agar tidak salah beli dan tentunya dapat menyesuaikan budget yang dimiliki, sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu standar 4C yang telah disebutkan diatas, ya!.

Pilih model yang Timeless

Saat ini, perhiasan berlian hadir dengan berbagai model dan jenis yang bisa dipilih sesuai selera dan keinginan. Bagi Anda yang pertama kali membeli perhiasan berlian, sebaiknya memilih model yang timeless atau model yang abadi. Hal tersebut ditujukan agar perhiasan tersebut akan tetap terlihat trendy dalam jangka waktu yang lama.

Salah satu model timeless adalah berlian yang memiliki potongan round cut dan baguette yang sudah ada sejak dulu dan tetap eksis hingga saat ini. 

Beli di toko perhiasan profesional

Tips yang terakhir, pastikan Anda hanya membeli perhiasan berlian di toko perhiasan profesional yang dapat menjamin kualitas serta keasliannya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencari informasinya dari orang-orang terdekat yang pernah membeli perhiasan atau dengan mencari informasinya di internet.

Sebagai tambahan, toko perhiasan profesional dan terpercaya umumnya memiliki website official yang berisikan alamat lengkap, koleksi perhiasan yang ditawarkan hingga layanan customer service untuk memudahkan pelanggan.

Nah, tips dalam membeli perhiasan asli yang wajib Anda ketahui. Untuk urusan toko tempat pembelian, Anda bisa mempercayakan sepenuhnya pada The Palace Jeweler yang sudah terbukti profesionalitas serta kredibilitasnya. Untuk mengenal lebih jauh, Anda bisa langsung mengunjungi https://thepalacejeweler.com/ yang merupakan laman resmi milik The Palace Jeweler.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar