Jumat, 28 Mei 2021

Maksimalkan Kebutuhan Nutrisi Tumbuh Kembang Anak


Perkembangan usia anak dari bayi sampai usia 5 tahun merupakan usia tumbuh kembang yang sempurna. selain perkembangan pada tinggi dan berat tubuhnya, juga kemampuan lainnya ikut berkembang. Pada usia ini anak mulai mengembangkan kemampuan gerak kasar, makan sendiri, berjalan, berbicara, sampai anak mencoba dalam bersosialisasi dengan teman sebayanya. Dari itu demi mendukung perkembangan yang maksimal maka berbagai nutrisi tumbuh kembang anak perlu diperhatikan.

Dukungan nutrisi yang sesuai kebutuhan anak dapat membantu pertumbuhannya menjadi lebih maksimal dan nantinya turut berpengaruh pada pertumbuhan fisik dan otak anak. Dari itu sebagai orang tua mengetahui apa saja nutrisi tumbuh kembang anak dari berbagai jenis makanan penting diberikan.



Lalu apa saja nutrisi yang diperlukan? Berikut ini kami tuliskan untuk anda.

  1. Zinc atau seng. Nutrisi ini memiliki peran penting untuk tumbuh kembang anak karena berfungsi dalam perbaikan sel serta membentuk enzim bagi si kecil. Saat anak luka maka akan lebih cepat penyembuhannya dengan adanya zinc. Untuk bisa mendapatkan nutrisi ini anda bisa memberikan berbagai jenis makanan seperti daging, ikan, tahu, tempe, kacang-kacangan, telur, serta produk turunan susu. 

  2. Zat besi. Nutrisi selanjutnya yang penting sebagai nutrisi tumbuh kembang anak yaitu zat besi. Adanya asupan zat besi yang cukup sangat mendukung dalam pertumbuhan fisik dan otak anak, sehingga jika kekurangan nutrisi ini berpotensi menghambat kemampuan kognitif dan fungsi mental anak. Zat besi sendiri juga berfungsi dalam proses pembentukan selaput saraf yang turut membantu menerima informasi pada otak. Kebutuhan zat besi sendiri menurut AKG 2019 pada anak usia 1 – 3 tahun sekitar 7 mg/hari, sedangkan untuk usia 4-5 tahun membutuhkan sekitar 10 mg/hari.

Kemudian untuk berbagai jenis makanan yang kaya akan zat besi bisa didapatkan dari daging merah, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran daun hijau, makanan laut, dan sereal. Selain itu untuk mendapatkan asupan zat besi pada anak juga bisa didapatkan dengan konsumsi minum susu.

  1. Vitamin D. Adanya vitamin D berperan dalam memelihara daya tahan tubuh anak serta melindunginya dari berbagai infeksi. Untuk dapat mendapatkan asupan vitamin D juga mudah karena anda bisa sambil bermain bersama  anak di bawah sinar matahari kurang lebih 15 sampai 20 menit pada waktu pagi hari sampai jam 11 siang. Cara ini sangat baik untuk mendapatkan nutrisi vitamin D yang sangat baik seperti untuk pertumbuhan tulang anak. Selain itu untuk vitamin D dari makanan juga bisa didapatkan dari telur, susu, dan minyak ikan.

  2. Vitamin A. Vitamin A berperan dalam memelihara kesehatan mata anak, melindungi permukaan kulit, jaringan mulut dan juga pernapasan. Berikan asupan vitamin A yang cukup demi membantu anak lebih sehat dan membantu pertumbuhannya. Sementara itu untuk jenis makanan yang mengandung vitamin A bisa didapatkan dari sayuran hijau, wortel, bayam, brokoli, jeruk, bayam, telur, dan yogurt.

  3. Vitamin C. Adanya vitamin C dalam tubuh anak berperan sebagai antioksidan alami untuk melawan infeksi. Selain itu adanya vitamin C juga berperan dalam membantu anak cepat pulih saat sakit serta membantu dalam penyerapan zat besi bagi tubuh. Sementara itu untuk berbagai jenis makanan yang kaya akan vitamin C bisa didapatkan dari berbagai jenis buah misalnya jeruk, mangga, dan stroberi. Selain itu brokoli, tomat, jus atau puding juga mengandung vitamin C yang cukup untuk tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar