Rabu, 19 Mei 2021

5 Tips Mengatur Finansial bagi Karyawan yang Kuliah sambil Kerja

kuliah sambil kerja

Memilih untuk tetap belajar sambil menjalani kesibukan sebagai karyawan sangat mungkin untuk dilakukan. Anda tetap bisa kuliah sambil kerja saat ini karena telah terbuka banyak kelas karyawan di universitas maupun sekolah tinggi. Salah satu keuntungan berkuliah saat sudah bekerja adalah Anda bisa membayar biaya kuliah dengan uang milik sendiri. 

Atur Finansial untuk Kuliah

Membayar biaya kuliah memang jadi salah satu tantangan untuk dihadapi saat Anda memilih bekerja sambil kuliah. Dengan penghasilan yang Anda dapatkan, tentu akan lebih mudah untuk melunasi biaya kuliah. Berikut ada 5 tips mengatur finansial yang bisa diterapkan agar bisa membayar uang kuliah dengan penghasilan Anda:

Buat Perhitungan

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuat perhitungan terlebih dahulu. Jika Anda memang ingin berkuliah, maka cari tahu berapa banyak uang kuliah yang harus dibayarkan. Setiap universitas pasti memiliki aturan biaya kuliah yang harus dilunasi mahasiswanya. Cari tahu berapa biaya awal dan biaya per semester yang harus dibayarkan.

kuliah sambil kerja

Jika sudah tahu berapa banyak biaya yang harus dibayarkan per semester maka buatlah perhitungan. Ini bisa jadi perkiraan yang tepat apakah Anda bisa membayar biaya perkuliahan sepenuhnya atau tidak. Simpan catatan perhitungan ini sebagai acuan bagi Anda untuk mengatur pemasukan nantinya.  

Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Buatlah catatan uang masuk dan keluar. Ini menjadi tahap penting yang harus dilakukan dalam manajemen finansial. Catat berapa banyak uang kuliah harus dibayarkan, uang kebutuhan hidup sehari-hari, juga uang yang digunakan untuk dana darurat. Selain itu catat juga jumlah uang masuk yang Anda miliki setiap bulan, mulai dari gaji hingga sumber pendapatan lain yang memungkinkan.

Kurangi Pengeluaran

Tips penting yang harus dilakukan jika Anda ingin membiayai kuliah sendiri dari hasil bekerja adalah mengurangi pengeluaran. Perlu dicatat bahwa biaya kuliah tidaklah murah jadi Anda harus bisa meluangkan banyak uang agar bisa melunasinya. Kurangi pengeluaran yang tidak penting agar sisa gaji bisa bertambah dan digunakan untuk membayar uang kuliah.

Kuliah sambil kerja memang mengharuskan Anda untuk bekerja lebih giat dan tentu lebih hemat. Carilah produk-produk dengan harga murah saat belanja. Kurangi standar hidup dan jangan membuang uang untuk hal-hal tidak penting. Buat prioritas mana yang harus dipenuhi dulu dan mana yang bisa dikesampingkan.

Sisihkan Langsung untuk Kuliah

Saat menerima gaji, sebaiknya langsung sisihkan untuk membayar biaya kuliah. Buat pos pengeluaran dan segera sisihkan uang untuk digunakan pembayaran kuliah. Ini dilakukan agar Anda tidak kekurangan uang. Biaya kuliah harus menjadi prioritas bukannya menjadi hal terakhir yang dipikirkan belakangan. Jika nanti ada sisa kelebihan uang maka sisihkan untuk membayar biaya kuliah di bulan berikutnya.

Beri Ruang untuk Tabungan

Selalu sisihkan pos pengeluaran untuk tabungan. Anda harus memiliki uang simpanan atau tabungan berapapun besarnya penghasilan Anda. Sisihkan uang untuk tabungan agar bisa digunakan di saat-saat tertentu. Tabungan ini bisa difungsikan sebagai dana darurat maupun sebagai dana untuk memberi apresiasi bagi diri sendiri misalnya dengan membeli baju baru.

Itulah tadi 5 tips manajemen finansial bagi karyawan yang ingin kuliah sambil kerja. Jika sudah siap secara mental dan finansial, maka pilih tempat kuliah yang tepat. IDS College bisa menjadi tujuan Anda untuk menuntut ilmu dengan status sebagai karyawan. Di sana terdapat kelas kuliah karyawan di bidang ilmu komputer dan informatika dengan kualitas terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar