Sabtu, 23 November 2019

Perbedaan Kartu Kredit VS Kartu Debit

kartu kredit
Pernahkah Anda bingung tentang perbedaan antara Credit Card dan Debit Card? Sangat mudah untuk melihat alasannya. Kartu debit (Debit Card) dan kartu kredit (Credit Card) diterima di banyak tempat yang sama. Kartu-kartu ini juga menawarkan kenyamanan dan menghilangkan kebutuhan untuk membawa uang tunai. 

Dan kartu-kartu ini bahkan terlihat mirip. Perbedaan mendasar antara kartu-kartu ini adalah di mana kartu ini digunakan untuk menarik uang. Kalau kartu debit mengambilnya dari akun perbankan Anda dan kartu yang satunya membebankannya ke jalur kredit Anda.

Apa itu Kartu Debit?

Kartu debit menawarkan kenyamanan credit card tetapi berfungsi dengan cara yang berbeda. Kartu debit menarik uang langsung dari rekening tabungan Anda saat Anda melakukan pembelian. Kartu ini melakukannya dengan mengambilnya sesuai jumlah pembelian. 
kartu kredit
Kemudian pedagang mengirimkan dalam transaksi ke bank mereka dan ditransfer ke rekening pedagang. Hal ini bisa memakan waktu beberapa hari untuk hal ini terjadi, dan proses ini mungkin terjadi sebelum transaksi berjalan.

Apa itu Kartu Kredit?

Kartu ini adalah kartu yang memungkinkan Anda meminjam uang dalam jalur kredit, atau dikenal sebagai batas/limit kartu tersebut. Anda menggunakan kartu untuk melakukan transaksi dasar, yang kemudian muncul pada tagihan Anda. 

Perlu dicatat, Anda dikenakan bunga atas pembelian Anda, meskipun tidak ada bunga yang dikenakan jika Anda tidak menggunakan saldo Anda dari bulan ke bulan. Kartu ini memiliki tingkat bunga yang tinggi, dan keseimbangan dan history pembayaran kartu jenis ini Anda dapat mempengaruhi skor kredit Anda.

Kartu Debit vs. Kartu Kredit

Biasanya dianggap bahwa Anda memerlukan kartu jenis kredit ini untuk menyelesaikan transaksi tertentu. Seperti menyewa mobil atau membeli barang secara Online, atau lebih aman dan mudah bepergian dengan kartu ini daripada membawa uang tunai atau menggunakan cek. Beberapa juga berpendapat bahwa kartu ini menawarkan asuransi tambahan untuk pembelian dan membuatnya lebih mudah untuk meminta pengembalian uang.

Kartu debit menawarkan kenyamanan yang sama tanpa mengharuskan Anda meminjam uang untuk menyelesaikan transaksi. Meskipun kartu debit tidak selalu memberikan perlindungan konsumen yang sama seperti kartu berjenis kredit. Sebenarnya tidaklah sulit menentukan kapan Anda harus menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Hanya saja Anda harus melakukan riset untuk menentukan pilihan yang tepat untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar