Minggu, 30 Agustus 2020

Berbagai Macam Cemilan Anak Sehat


Tidak ada orang tua yang tidak menginginkan anaknya sehat. Apapun akan dilakukan agar anaknya tumbuh sehat dan selalu berenergi. Selain pemberian makanan yang bergizi, cemilan anak sehat dan bergizi juga perlu diberikan. Karena cemilan membantu anak kelaparan di luar jam makan. Sebenarnya ada banyak macam cemilan yang bisa disajikan untuk anak. Tapi pilihlah cemilan yang rendah gula, rendah lemak, dan minim pemakaian MSG. 


Berikan cemilan anak sehat dan bergizi di waktu yang tepat, biasanya pagi dan sore hari. Cemilan pagi diberikan sesudah sarapan tapi sebelum jam makan siang. Sedangkan sore hari diberikan sebelum jam makan malam. Berikan cemilan yang memiliki beragam zat gizi, misalnya protein, vitamin, serat, dan mineral. Berikut contoh cemilan anak yang bisa dijadikan rekomendasi di rumah.



1. Buah segar

Merupakan cemilan yang paling baik diberikan kepada anak. Berikan buah segar dengan warna menarik dengan berbagai macam buah seperti jeruk, strawberry, buah naga, mangga, semangka, dan lain sebagainya. Sajikan dalam bentuk yang unik sehingga menarik minat anak untuk makan. Adanya berbagai macam buah melatih indra pengecapan anak dengan berbagai rasa dan tekstur. Selain itu juga melatih indra penglihatan anak dengan variasi warna buah.

2. Buah celup

Sediakan yogurt, coklat cair, atau mustard yang gurih sebagai celupan cemilan anak. Setelah itu sediakan roti atau buah sebagai cemilan yang akan dicelup ke dalam saus. Biarkan anak memegang, mencelup, dan bereksplorasi terhadap makanannya. Tujuannya melatih anak mengenal berbagai makanan dengan kreatifitasnya dan juga melatih motorik anak. 

3. Es loli

Hampir semua anak menyukai es krim. Daripada membeli es krim, lebih baik membuatnya sendiri yang jelas kandungan gizinya. Yang dibutuhkan adalah jus sehat, yoghurt, atau agar-agar. Jangan lupa sediakan cetakan es krim dengan bentuk yang lucu dan stick kayunya. Campur semua bahan dan isi cetakan sampai penuh bersama stik kayu. Masukkan ke freezer selama tiga sampai empat jam. 

Itulah tiga macam cemilan anak sehat dan bergizi yang bisa dijadikan rekomendasi di rumah. Ada banyak macam cemilan, tapi minimalkan pemberian cemilan kemasan. Karena cemilan kemasan banyak mengandung garam, gula, dan lemak yang tinggi. Dan itu bisa berisiko terhadap kesehatan anak di masa depan. Jangan lupa berikan susu Dancow yang membantu pertumbuhan anak. Susu dengan nutrisi tinggi  dilengkapi Nutrifoods yang merupakan inovasi baru. Selamat mencoba. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar